Friday, February 27, 2015

Cara membuat passport online

Hayoo.. Siapa yang pengen jalan-jalan ke luar negeri dan ngerasain budaya yang beda banget dengan disini ? Aku salah satunya :D

Tahun lalu, tepatnya tahun 2014, aku iseng bikin passport biasa 48 halaman, online, Rp. 255.000 dan jadi dalam waktu kurang lebih 3-4 hari. Cepet ? Yaa.. lumayan karena waktu itu pembuatan passport online masih belum se-familiar sekarang, jadi antrian juga ga panjang-panjang banget. Hehe.. Tapi untuk tahun 2015, biaya pembuatan passport naik jadi Rp. 300.000 dan denger-denger dari temen yang baru buat, prosedur sekarang agak lebih ribet dari pada tahun lalu. 

Ga tau juga ya, detailnya gimana. Tapi dokumen-dokumen jadi di periksa lebih teliti dan baru selesai sekitar 1-2 minggu. Lama ? Kayaknya iya deh, soalnya dari 2 temen yang buat passport; 

1 orang buat passport baru, selesai 1 mingguan, 
1 orang perpanjang passport (ada berkas yang di tolak; menyangkut ada nama yang beda di KK, Akte lahir, ijazah), selesai dalam waktu 2 mingguan (dihitung dari berkas yang diterima sampai selesai). 

Kalo aku dulu, nama di akte lahir beda dengan ijazah dan KK tapi tetep di terima (mungkin karena aku menyertakan ijazah juga ya. FYI : Ijazah atau akte, bisa pilih salah satu). Atau mungkin karena aku buatnya di KANIM Jakarta Selatan sedangkan dia di KANIM Jakarta Barat ? Masa iya, kalo di hitung dari awal masukkin berkas, total penyelesaian paspport jadi 1 bulanan ? Mungkin karena sekarang emang lebih ribet dari pada sebelumnya ya. Hehehe..

Sedikit cerita ketika aku ngantri di KANIM Jakarta Selatan. Antrian online dan manual di pisah. Enaknya, karena yang online masih sedikit jadinya antrian online ga pake lama banget. Denger-denger dari temen yang pernah buat passport manual, kalo kita mau buat passport, kita di wajibkan dateng pagi-pagi banget. Kalo bisa jam 06.30 udah harus ngantri nomor dan itu masih bisa dapet jadwal di jam 10.00. Aku gimana ? Karena pada dasarnya aku lebih suka siang. Hehehe.. Aku dateng jam 10.30 dan dapet jadwal di jam 13.30. Cepet donk.. aku ngantri sekitar 2-3 jam, kalo yang manual bisa sekitar 5 jam.

Enaknya lagi kalo online, kita ga harus bolak-balik ke KANIM.
Prosedur manual : Datang untuk registrasi dan pemeriksaan dokumen - dikasih resi transfer ke BNI - Datang untuk biometric dengan membawa bukti transfer - Datang untuk pengambilan passport.
Prosedur online : Registrasi online beserta input dokumen - Transfer ke BNI - Datang untuk biometric dengan membawa bukti transfer - Datang untuk pengambilan passport.

Lebih simple kan ?

Atau mau ke calo ?
Aduh.. kata siapa pake calo lebih cepet ? Makin tahun, yang minat buat liburan ke luar negeri banyak banget. Yang kerja ke luar negeri juga banyak. Otomatis, yang buat passport juga makin banyak.

Temen aku di Palembang buat passport pake calo karena katanya lebih cepet. Dari harga Rp, 255.000, dia jadinya bayar Rp. 500.000. Hm.. kalo aku ngerasa sayang banget yaa ngasih segitu ke calo. Tapi, kata dia emang berasa lebih cepet. Kalo daftar sendiri bisa selesai waktu 1 minggu, sedangkan kalo pake calo, bisa selesai dalam waktu 3 hari. Oke, mungkin karena itu di Palembang. Bukan di Jakarta yang lagi heboh budaya jalan-jalan ke luar negerinya. Tapi, harusnya normal si. Hehe..

Next. Gimana kalo make calo di Jakarta ?
Pas aku ngantri waktu itu, ada ibu-ibu yang ngantri buat passport manual pake calo. Berapa harganya ? Bisik-bisiknya untuk KANIM Jakarta Selatan bisa 1 juta rupiah. Wow.. tiba-tiba aku keselek. Hahaha.. Padahal ? Untuk keadaan yang rame kayak sekarang, make calo ataupun ga make calo sama aja. Tetep ngantri panjang. Seandainya kondisi KANIM masih kayak dulu, peran calo mungkin masih bisa ngebantu banget karena KANIM lebih sepi dan calo masih bisa nitipin berkas client mereka ke petugas imigrasi biar bisa di proses lebih dulu dari pada pemohon biasa. Sekarang ? Mending ngurus online sendiri donk :P

Oke.. mau kemana aku ? ke Thailand tararara.. Hahaha.. 
Jadi, selanjutnya kita bahas apa si prosedur untuk pembuatan passport online. Yaa, aku cuma mau ngebahas pembuatan passport online.

Pendaftaran online
  1. Siapkan dokumen; akte kelahiran, KTP, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir, Surat Nikah (bagi yang udah nikah). Semuanya harus asli, di scan gray scale (hitam putih)
  2. Buka http://www.imigrasi.go.id/
  3. Pilih layanan publik - layanan online - layanan passport online
  4. Pilih Pra permohonan personal
  5. Submit data-data personal
  • Pada bagian kolom "Jenis permohonan", pilih paspor biasa, atau sesuai dengan kebutuhan. 
  • Untuk "Jenis paspor", pilih aja yang 48H perorangan. 
  • Jenis paspor 48 Halaman adalah untuk paspor UMUM untuk perorangan.
  • Paspor 24H perorangan adalah untuk paspor KHUSUS untuk keperluan umroh atau untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dan untuk keperluan tugas tertentu ke luar negeri masa berlaku 3 tahun.
  • Tata cara pengisian Aplikasi/ Formulir Pengajuan pembuatan Paspor secara online bisa diliat DISINI  (ipass.imigrasi.go.id)
  • Kalo misalnya ga bisa upload dokumen, coba size dan resolusinya di ganti. Aku lupa ukuran pastinya berapa. Kalo ga salah resolusinya aku kurangin 0,25 - 0,5 dari ukuran hasil scan normal.
  • Untuk dokumen sebenarnya bisa di foto, tapi hasilnya belum tentu sebaik scan.
  • Ketika diminta untuk memilih kantor Imigrasi dan tanggal untuk mengurus paspor, pilih aja kanim yang terdekat dari tempat tinggal. Proses pembuatan passport bisa dilakukan dimana aja, ga harus di kota sesuai KTP, asalkan semua dokumen yang dibutuhkan lengkap.
  • Pembayaran biaya pembuatan passport, hanya bisa dilakukan dengan tranfer manual ke BNI. Bukti transfer ini nantinya harus dibawa untuk proses pengumpulan dokumen dan biometric.

Pengumpulan Dokumen, Interview, Biometric
  1. Datang ke kantor imigrasi untuk pengumpulan dokumen, interview, dan biometric. Jadwal disini cuma ada hari dan tanggal. Usahakan jangan datang di atas jam 11.00, karena jumlah pemohon dibatasi. Aku lupa ya berapa orang. Kalo ga salah jam 11.00-12.00 itu antrian di tutup. Alasannya biar semua pemohon dapat di proses sesuai dengan waktu kerja petugas imigrasi.
  • Bawa bukti transfer dan bukti konfirmasi kehadiran beserta dokumen asli. Tenang, dokumen aslinya cuma diliat untuk ngecek asli atau ga, sama atau ga dengan foto kopian semua dokumen. Jangan sampai lupa bawa foto kopian semua dokumen. Foto kopian untuk KTP harus sebesar kertas A4. Bilang aja ama abang foto kopiannya, foto kopinya di gedein. Mereka ngerti kok :P
  • Ohyaa.. Akte lahir atau ijazah ga harus dua-duanya, kalo punya satu ga masalah juga. Tapi bawa aja buat jaga-jaga. Hati-hati juga ya, guys.. jangan sampe ada nama yang salah. Aku waktu itu ditanyain kenapa ijazah, KK, sama akte namanya beda. Tapi karena KK sama ijazah sama, jadinya ga dipermasalahin sama petugasnya.
  • Dan kenapa musti bawa copian semua dokumen juga ? Kata petugasnya buat bukti real dokumennya. Dokumen yang kita upload cuma buat sistem. Ah ga ngerti maksudnya.. Padahal kan bisa aja mereka print sendiri atau cek di sistem. Hahaha..
  • Interview-nya cuma di tanya mau kemana, berapa lama, udah pernah punya passport sebelumnya tau belum. Udah gitu doank. Tapi, mungkin beda petugas, beda pertanyaan kali ya :D. 
  • Petugasnya nanya-nanya sambil ngecek dokumen. Abis itu langsung biometric (poto, sidik jari, dan tanda tangan). Buat kamu-kamu yang berjilbab, atur posisi jilbabnya yang rapi yaa.. dari pada kaya aku.. karena mereka maunya dahinya keliatan alias wajahnya keliatan jelas, yang ada jadinya muka akunya jadi aneh. Tapi kalo kalian pasti rapi lah, ga kaya aku yang selebor ini. Hahaha..
  • Ohyaa.. untuk poto passport, background-nya warna putih. Jadi, sesuaikan aja baju kamu biar ga mati gaya. Tapi, yang diambil banyakan muka kok. 80% muka, 20% shoulder.

Pengambilan Passport

Untuk pengambilan passport, kita tinggal tunggu aja sms dari kanim.
Setelah dapet sms, tinggal datang, ambil nomor antrian, antri bentar, tanda tangan, ambil passport, fotokopi, serahin foto copy nya ke petugas, selesai.

Selamat nguatin tekad main ke luar negeri, guys. Hehe..
Kalo udah punya passport, pasti keinginan buat jalan ke luar negeri makin kuat. Yang tadinya ga bisa nabung, jadi nabung (V).

No comments:

Post a Comment