Friday, September 18, 2015

[Lumajang Part III] This is that I want the most !!! Gunung Sawur

Masih di hari yang sama, Sabtu, 5 September 2015.

Setelah kita makan malam dan bersih-bersih, kita melanjutkan perjalanan ke Gunung Sawur. Yooa.. Gunung Sawur yang itu, Gunung Sawur yang merupakan tempat pemantauan Gunung Semeru yang letaknya 40 km dari sisi barat Lumajang, tepatnya di Desa Sumber Mujur Candipuro.

Jlep.. Gue sempet bingung kok lewat jalan gelap ya ? Jeep nya sempet berhenti nungguin jeep yang lain terus pas udah deketan semua baru jalan. Terusss.. Kenapa musti pake klakson si ? Sekali lagi gue bingung.. dan kebetulan gue duduk di sebelah Pak Jeep.. Eitss.. kanan kiri kok kuburan ya ? (*berusaha berani

Jalanan seremnya udah lewat, tapi.. pas pertama kali nyampe kok yaa hutan-hutan gelap ya ? Ada juga bendungan. Gue bingung lagi. Masa camp disini ? Ada aura ga asyik disini. Hm yaa.. agak-agak creepy gitu deh. Angin yang berdesir bikin bulu kuduk berdiri tapi tetep mikir positif siapa tau emang harus lewat jalan sini. Yaa.. cuma lewat jalan sini (*ngarep

Temen-temen yang cowok pada turun, naik ke bendungan, buat liat situasi. Kita tanya-tanya ke Pak Jeep katanya ini Kamar A ? What ??? Kita mau ke Gunung Sawur kan ? Tapi pada ga ngeh, mungkin mikirnya Kamar A deket Gunung Sawur. Tapi.. ini bukan area yang harusnya di datangin deh. Ga ada jalan. Gelap, sepi, creepy. Jeep cuma bisa sampe sini doank. Dan gue punya feeling ga bener kalo misal harus nge-camp disini.

Setelah ngobrol dan ngobrol.. Ternyata kita emang nyasar. Huahaha.. harus berapa kali lagi nyasar ya ? Terus kenapa harus nyasar ke tempat serem ? Karena cerita punya cerita.. Kamar A itu merupakan jalur evakuasi untuk ngangkut korban-korban di Semeru. Aduuh.. aku serem bilanginya.. Ga lama dari kita kesana, mahasiswa dari Jogya yang meninggal di Semeru di angkutnya lewat situ. Jadi makin bikin suasana makin serem..

Next.. langsung ke Gunung Sawur aja. Hehe..
Nah, disini kita ada kendala lagi. Duh.. Duh.. kita pada ga tau kalo harus ada ijin buat nge-camp disini. Tadinya gue pikir tempatnya kayak bukit gitu, nyatanya hmm iyaa tinggi 800 mdpl, tapi ga kaya tempat nge-camp  karena deket dengan rumah penduduk. Jalan kira-kira 300-500 meter udah ada rumah penduduk. Kita bisa numpang masak ama make kamar mandi disini. Air nya jernih banget loh.. Seger !!!

kalo agak siangan jadi kayak Gunung Fuji


Hm.. di area camp ada warung tapi bukanya pagi aja, ada bale-bale buat duduk, dan ada kantor pemantauan Gunung Semeru. Jalan dikit, ada pos jaga yang lagi rame-rame menghangatkan tubuh. Hmm.. tempatnya ga seperti yang aku bayangin.


Atas : Semeru di pagi hari ketika matahari malu-malu
Bawah : Ketika agak siangan berubah jadi kayak Gunung Fuji


Dari Gunung Sawur, kita bisa liat kota Lumajang dengan leluasa dan juga liat Gunung Semeru dari jauh. Katanya si kalo malem keliatan aliran laharnya, tapi kayaknya maksudnya bukan ngeliat lahar yang merah-merah itu ya ? Cuma ngeliat alirannya aja. Hahaha. Kok gue mikirnya itu ya ? Kalo lahar merah yang keliatan yaaa artinya bahaya itu :P


kota Lumajang dari atas


Kita !!!


Yup.. Sekarang kita lanjut lagi ke aliran lahar Gunung Sawur. Perjalanan kira-kira setengah jam dari camp.  Area aliran lahar ini merupakan lahar dingin, artinya pernah di lewati oleh lahar Gunung Semeru. Gue ga inget kapan tepatnya terakhir kali Gunung ini meletus, tapi kalo ga salah kata penduduk pada jaman Presiden Suharto dulu.


area aliran lahar


Kita semuaaa...


Area lahar ini dulunya adalah pedesaan, namun sekarang dijadikan sebagai tempat mata pencaharian penduduk sekitar. Baik untuk pasir ataupun batu-batuan.

Yaaaaakkk.. Explore Lumayang is done !!!
Terima kasih teman-teman baru..
 I have great experience here.. and I'll miss you Lumajang..
Mari kembali ke Malang !!!

No comments:

Post a Comment