Friday, September 18, 2015

[Lumajang Part II] This is that I want the most !!! Air Terjun Tumpak Sewu + Goa Tetes

This is my second day.. I wish it will be great and in reality.. it's so awesome


Setelah sun rise, sarapan, packing dan poto-poto lagi (wajib. Hihi..), kita meluncur ke Air Terjun Tumpak Sewu. Perjalanan kira-kira berapa jam yaa ? Pokoknya ampe pengen joged-joged biar pegelnya ilang. Hahaha.. Sebenernya kita salah itin karena sebaiknya ke Gunung Sawur dulu menikmati aliran lahar Gunung Semeru, tapi.. kalo ke Air Terjun Tumpak Sewu nya di jadiin destinasi kedua hari ini.. Kita ga akan sempet. Pertama keburu sore, kedua kita butuh nge-camp buat malem (ga bisa camp di Air Terjun kan?), ketiga.. kalo di jadiin destinasi buat besok.. ga akan sempet juga... karena jam 12 kita udah harus nyampe Malang. Ada yang naik pesawat dan kereta siang. Jadi, mau ga mau si bapak jeep kudu bawa kita ke Air Terjun Tumpak Sewu hari ini. Hehehe..

We are team !!!


Air Terjun atau yang dalam bahasa Jawanya Coban Tumpak Sewu berada di kabupaten Lumajang, perbatasan Malang - Lumajang. Tapi itu hasil browsing gue selama ini loh. Kenyataannya, ketika gue kesana dan ngobrol dengan penduduk sekitar.. Tempat wisata ini masih belom jelas milik Malang atau Lumajang. Masih ada perebutan dalam pengelolaaan pariwisatanya.

Nah, karena Pak Jeep dan kita sama-sama ga tau lokasi, kita hampir aja salah masuk ke Coban yang lain. Kok bisa ? Hahaha.. Karena udah sama-sama cape, ngantuk dan berbagai bumbu lainnya. Jalaaan terus.. akhirnya kita nyampe juga ke Air Terjun Tumpak Sewu. Hm.. udah nyampe ? Ternyata belom.. Kita masuk dari Goa Tetes. Kalo gue ga salah inget tiket masuknya 5 ribuan. Disini ada kamar mandi, jadilah kita bisa bersih-bersih juga. Hehehe..

Perjalanan dari loket ke dalam kira-kira 500 meter. Tapi kita musti turun ke bawah lagi pake tangga. Dari tangga udah kedengeran suara air terjun. Pertama kali ngeliat air terjun di samping Goa Tetes.. Woooww.. Air terjunnya tinggi, bentuknya unik. Dan jeng.. jeng.. Ternyata itu bukan air terjun Tumpak Sewu. Air Terjun Tumpak Sewu masih jauh, kira-kira jalan 1 jam lagi dan melewati air terjun-air terjun lain, sungai, tracking  yang lumayan pake manjat-manjat, jalanan yang licin. Gue yang awalnya mikir track-nya ga parah-parah amat nekad aja ikut-ikutan. Eh.. baru jalan dikit ngelewatin air terjun di samping Goa Tetes, gue udah ser-seran aja. Huhuhu.. Udah nanggung.. Masa mundur. Tapi ini kepeleset dikit bisa pecah kepala, hancur tubuh. Tinggi banget kebawahnya. Eits.. Harusnya tadi pake sendal. Kenapa gue copot ? Telapak kaki gue sakit kena kerikil-kerikil sungai. Tapi, kalo pake sendal gue ga bisa ngerasain bagian batu mana yang licin. Duh.. serba salah. Hiks..


Track awal, masih sekitaran goa tetes


kalo gue ga salah, yang di belakang gue goa tetes


Gue ga terlalu banyak poto-poto di perjalanan. Selain karena track-nya yang bikin gue pengen mundur mulu (sampe sekarang gue ga percaya gue sanggup ngelewatinnya. Alhamdulillah), juga karena dari 17 orang yang ikutan.. hanya 9 orang yang mau kesana (Gue, Teh Ela, Mas Niko, Om John, Suami mba Neneng *lupa nama hehe, Om Irfan, Om Benny, Bang El *guide, MasYuda *guide ). Karena gue ga tinggi dan langkah gue kecil, tiap jalan gue jadinya duduk baru merosotkan tubuh pelan-pelan biar ga jatuh. Ih kok gitu, Ka ? Yaa, kalo gue ngelangkah.. bisa-bisa gue kepeleset. Huhuhu.

Di perjalanan cuma ada kita, gue ga pernah liat tu ada orang yang seliweran atau nyapa hai di jalan. Cuma ada pohon-pohon, sungai, air terjun, air terjun, dan air terjun lagi, serta track  yang woow..

Kita bersembilan ga jalan bareng-bareng. Mas Niko udah duluan ilang. Gue barengan ama Teh Ela, Mas Yuda, Suami mba Neneng, dan Om John. Om Irfan terus nyusul. Baru kemudian ada Bang El sama Om Benny.

manjat-manjat, pake tali.. liciiinn

Jeng.. Jeng..
Akhirnya nyampe setelah sejaman jalan kaki. Hm.. maksudnya nyampe pintu loket Air Terjun Tumpak Sewu. Hehehe. Disini masuknya bayar lagi sekitar 10 ribuan. Kata mas yang jaga loketnya, yang mengelola Air Terjun Tumpak Sewu beda dengan Goa Tetes jadi harus bayar lagi. 

Perasaan pertama gue ketika nyampe di pintu loket adalah "Alhamdulillah, gue masih hidup. Hahaha". Terus kemudian gue terdiam karena inget gimana jalan yang harus gue lewatin buat pulang nanti. Okey, tarik nafas. Gue ga sendiri. Gapapa, ada cowok-cowok ini. Apa jadinya aja deh. Yang penting jalan aja. Nekad. Pergi bisa masa pulang ga bisa ? Kalo gue kenapa-kenapa ada yang jagain juga kan (*ngarep sambil Bismillah dalam hati

Nah, di pintu masuk ini ada yang mencuri perhatian gue. Pertama kali gue liat ke sekeliling, gue ngeliat tebing tinggi berhutan dan ada tangga bambu-nya. Kata mas yang jaga loketnya, ternyata ada 3 jalan buat ke Air Terjun Tumpak Sewu, jalan dari goa tetes yang kita lewati tadi, jalan setengah jam dari arah kiri loket masuk dan langsung menuju ke parkiran, dan terakhir jalan nurunin tangga dari atas tebing. Gue yang phobia ketinggian udah ketar ketir ngebayangin lewat tangga tinggi itu. Glek.. Tapi gue pengen balik lewat situ. Gue pengen ngetes pobia gue. Hahaha.. Sebenernya si karena kata mas nya kalo dari sana naik kira-kira 15-20 menit. Weeee..


Rute ke Air Terjun Tumpak Sewu lewat tangga tinggi yang hampir 90 derajat


Aaah.. nanti aja mikirin gimana pulang. Kita lanjutin perjalanan dulu. Dari pintu masuk kita harus ngelewati sungai setinggi lutut. Arusnya lumayan. Kita yang cewe aja kalo mau nyebrang ke sisi sungai musti di pegangin dari tengah sungai biar arusnya ga bikin sempoyongan. Hahaha berlebihan. 

Kerikil-kerikil sungai cukup bikin gue berjengit setiap kali kaki gue nginjek kerikilnya. Sakit, brooo.. Gue inget kerikil-kerikil di taman monas yang katanya buat reflexi kaki. Kalo nginjeknya kaki sakit, artinya banyak penyakit. Yaaa.. gue banyak penyakit kali karena ampe 2 minggu setelah dari sana telapak kaki gue kayak ada yang salah, sakit mulu. Huwwwaaa.. belom tua udah banyak penyakit. Hahaha.. salah fokus ke kaki deh :P

Ohyaa.. mas-mas yang jaga loket juga peringatin kita biar ga deket-deket tebing karena suka longsor. Hmm.. gue cuma mikir.. Ini sungai ga lebar-lebar amat, mau ga mau jadinya harus lewat tengah sungai deh. Arusnya cukuuupp bikin gue terombang-ambing karena gue kecil. Hiks..



 nyebrang sungai, kerikil ama arus sungainya dasyat

Perlu diingat juga, Air Terjun Tumpak Sewu harus steril dari pengunjung setelah jam 4 sore. Ga dibilangin si kenapa. Tapi dari gue pribadi, gue ngerasa karena kalo udah jam 4 udah gelap. Yaa namanya hutan, pas nyampe jam 3 sore aja udah mulai gelap-gelap dikit. Mau lewati hutan, sebrangi sungai, plus manjat-manjat pas udah gelap ? Atau manjat-manjat tebing tangga pas udah ga ada matahari ? Gue mah ogah.. Hahaha..


Air terjun Tumpak Sewu
Di poto biasa aja karena gue ga bisa moto. Huhuhu


Alhamdulillah.. nyampe juga ke Air Terjunnya. Bagus banget, sumpah !!! This is the most awesome waterfall that I've ever seen !!! Gue ga tau arti tumpak dan sewu, tapi setelah kita diskusi sama-sama.. kita nyimpulin kalo artinya adalah air terjun tumpah seribu. Gue setuju banget kalo air terjun ini dinamain air terjun tumpah seribu. Perjalanan mencapai air terjun ini bener-bener harus melewati air terjun-air terjun lain dan ketika sampe... Wowww.. dengan posisi mata air yang tinggi lalu tumpah ke bawah.. Woowww.. Sungguh terbayar dengan semua yang kita lewati tadi. Cape ilang dan cuma pengen ngucapin Masya Allah berkali-kali. Sungguh kuasa Tuhan melebihi kuasa manusia. Gue ga pernah bayangin bakal ada air terjun kayak gini di dunia. Selama ini gue ga terlalu suka air terjun, karena semuanya hampir sama aja. Tapi disini.. Gue bersyukur bisa ngelewatin semua perjalanan gue hari ini dan melihat kuasa Allah dari mata gue sendiri. Alhamdulillah..

Sekitar jam setengah 4an kita pulang. Bingung mau lewat mana. Udah cape. Udah menggigil karena basah. Sebenernya barang-barang kita masih ada di area Goa Tetes. Temen-temen yang ga ikutan kesini main disana dan jagain barang-barang kita. Dengan pertimbangan pengen liat air terjun dari atas dan karena jarak yang lebih deket plus ngerasain sensasi yang beda, akhirnya kita di bagi 2 team. Mas Yuda yang jalannya emang cepet dan biasa ngelewati jalan kayak gini, pulangnya lewat jalan yang sama dengan jalan kita pergi. Sekalian ambilin barang kita dan ngasih tau jeep buat jemput kita di pintu yang beda. Yaaa.. kita semua kecuali Mas Yuda akhirnya lewat tangga bambu yang tinggi itu.

Alhamdulillah kita naik, bukan turun. Kalo naik kan ngeliatnya ke atas, bukan ke bawah jadi yaa ga terlalu serem juga. Tapi... tangga ini keliatannya bener-bener ga aman. Cuma di iket-iket sama bambu laen di tebingnya. Karena kaki gue masih rada-rada karena kerikil sungai, gue napaknya miring biar ga sakit. Fyuuuh.. kecil deh pijakannya. Udah gitu, kalo orang endut yang lewatin kayanya agak susah karena sempit. Pas buat orang-orang berperawakan sedang aja. Hm.. pas dilewatin ga seserem yang gue bayangin. Tapi.. ini tangga bambu curam banget sumpaaah !!! Selain di kanan atau kiri tangga ada pegangan bambu atau ranting, ada tali juga di tengah tangganya. Gue ama Teh Ela ngerasanya ini bukan naik tangga tapi manjat tebing di bantu tangga. Huhuhu..

Awalnya kita ngitung udah berapa tangga yang kita lewati. Keadaannya satu tangga.. pijakan tanah.. terus tangga.. terus begitu lagi. Kalo di itung rasanya ga nyampe-nyampe. Hahaha. Akhirnya yaudah kita jalan aja. Dan nemu spot lagi buat poto yuuuhuuu. Hahaha. Cuma ini satu-satunya tempat pijakan yang terasa aman. Tempat ini emang sengaja buat orang duduk dan poto-poto. Dari sini kita bisa liat keindahan air terjun tumpak sewu dari atas. Huwwwwwaaaaah.. So beautifull..


Bonus : Gue dan Air Terjun Tumpak Sewu dari atas


Ah.. si mas nya boong. Kita nyampe sini aja 20 menitan. Katanya 20 menit itu udah nyampe parkiran. Kita kayanya sejaman baru nyampe parkiran. Eits.. 45 menit kali yaa. Lupa. Kan poto-poto dulu. Hahaha.. Gue masih ga kebayang gimana warung dibawah itu (di deket loket ada 1 warung), bawa barang-barang dagangannya yaa ? Tepok tangan gue buat mereka. Plok.. Plok.. Plok..

Taaadaaaa.. 
Perjalanan ke Air Terjun Tumpak Sewu selesai. Kira-kira 15-20 menit dari  parkiran sini, kita sampe lagi ke parkiran Goa Tetes dengan naik jeep. Cape ? Yaaa.. but it's so fun. Yeeeeaaay !!!

Nyampe parkiran Goa Tetes ketemu temen-temen yang lain terus dapet cerita kalo 20 harian yang lalu ada yang jatuh dari tangga bambu itu dan sampe hari itu masih di rawat di rumah sakit.. Errrrrr.. Untung gue dengernya pas udah ngelewatinnya. Kalo ga ? Hmmm.. kayanya tetep bakal ikutan juga si. Karena pada dasarnya gue orang yang suka penasaran sama hal baru, ngerasa pengen nantang diri sendiri mampu apa ga, padahal dalam hati ngerasa takut-takut juga si. Hehehe..

Yoooo.. Next.. Gunung Sawur

No comments:

Post a Comment