Monday, October 5, 2015

Ke Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk Yoookkk..

Awalnya gue ama temen gue pengennya ngadem ke Bogor. Banyak lokasi yang bisa gue datengin di Bogor, tapi kok rasanya main stream yaa ? Hihihi.. Terus tiba-tiba aja gue ngerasa pengen ke Hutan Mangrove PIK. Hm.. Sebenernya udah dari setaonan kemaren gue pengen banget maen kesini. Tapi.. kok kayanya jauh yaa.. Gue yang ngekos di sekitaran Jakarta Selatan udah jelas pasti memerlukan effort yang menguras mood, energi, dan juga mendekilkan penampilan untuk sampai kesini. Hahaha.. sejak kapan ya gue peduli ama penampilan ? :P



Berhubung gue jarang banget punya temen buat jalan kayak gini.. Akhirnya gue lebih milih ke Hutan Mangrove PIK. Yeeaaay.. Kesampean juga :D

Apa si Hutan Mangrove itu ?


Hutan Mangrove atau yang kita kenal sebagai hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau (campuran air laut dan air tawar) di daerah pantai. Hutan Mangrove dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu. 

Manfaat Hutan Mangrove


Hutan mangrove memiliki akar yang sangat kuat sehingga menjadi pelindung alami untuk mencegah erosi atau pengikisan tanah oleh aliran air serta abrasi atau pengikisan tanah oleh hempasan ombak laut. Hutan ini mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau untuk mencegah intrusi atau perembesan air laut ke daratan. Kalo terjadi intrusi apa efeknya ? Air tanah bisa menjadi air payau yang ga baik untuk diminum ataupun digunakan sebagai air bersih.
Hutan mangrove merupakan penyaring air laut yang dapat mempercepat penguraian limbah organik seperti kayu, daun, tanaman laut yang terbawa ke pantai serta bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak atau deterjen. Selain itu, pada musim tertentu hutan mangrove juga dapat menjadi penghalang alami angin laut yang kencang untuk penduduk yang tinggal di dekat pantai. Sebagai tempat konservasi (tempat perlindungan) tumbuhan dan hewan seperti pohon api-api, nipah, ikan, udang, kepiting, siput, dan lain-lain.
Tumbuhan dan hewan ini juga bermanfaat untuk dijadikan obat, bahan kerajinan ataupun bahan makanan, mendukung kelestarian ekosistem laut serta membantu mengurangi efek rumah kaca dengan mengurangi kadar karbondioksida (CO2) di atmosfir.
Dan.. Jeng.. Jeng.. Hutan mangrove atau hutan bakau juga bisa menjadi tempat wisata yang indah, seperti hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk ini :D

Akses ke Hutan Mangrove PIK


Kalo gue baca tulisan gue diatas, kok gue jadi ngerasa belajar Geografi lagi. Hahaha..
Nah, sekarang kita musti tau akses ke Hutan Mangrove bisa lewat mana aja si ?

Hutan Mangrove PIK terletak di Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan Jakarta Utara. Bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Kalo misal butuh informasi lainnya, lo bisa juga hubungi :
Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Kamal Muara
Pantai Indah Kapuk
Jakarta Utara
Telp : 021 2903 3066
Fax : 021 2903 3055

Informasi :
Telp :0815 8030 933, 0817 0100 523, 021 2903 3066
Email : twaangkekapuk@yahoo.com
Website : www.jakartamangrove-resort.com
*kayaknya web nya lagi masalah deh :D

Kendaraan pribadi a.k.a mobil pribadi

Dari tol Soekarno Hatta - keluar tol menuju Pantai Indah Kapuk sampai perempatan Grand Cengkareng - belok kanan - perempatan - belok kanan - lokasi ekowisata Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan di kanan jalan (20 meter).

Transportasi Umum

Naik busway Trans Jakarta arah Pluit (koridor 12) turun di halte Penjaringan (1 halte sebelum Pluit), sambung naik angkot B01 jurusan Muara Karang, turun di Pizza Hut Muara Karang, sambung lagi naik angkot U11 jurusan PIK, turun di Yayasan Budha Tzu Chi.



Wahaha.. kayanya ribet banget yaa musti turun naek angkot 2 kali ?
Nah, sekarang udah ada BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) kok. Untuk ke PIK ga usah lagi keringetan bin dekil lagi, kecuali pas jalan kaki dari Yayasan Budha Tzu Chi. Gue kemarin nungguin sekitar 20 menitan baru dapet BKTB-nya. Gue nyampe Kota jam 11 siang. Katanya si, kalo jalan pagi bisa dapet 15 menitan karena belom macet. Tapi percaya deh.. lebih baik nungguin BKTB. Walaupun lama tapi pas nyampe mangrove lo ga akan lelah-lelah banget. Yeeeaaaay !!!

Oh yaa.. Rutenya gimana ? Naik busway ke arah kota, turun di kota (atau Monas, Harmoni, atau bisa juga transit di halte Penjaringan) terus tungguin aja BKTB-nya disitu, jangan pindah-pindah (busway arah Pluit). Nanti sebelum naik tanya dulu ke PIK atau ga. Bus nya kecil, warnanya orange sama kayak bus Blok M - Kota.

Bis ini rutenya Monas - Pantai Indah Kapuk (PIK). Kalo naek dari Kota kira-kira lama perjalanannya 45-60 menit, tergantung traffic. Nah, untuk lebih jelas rutenya ngelewati halte busway apa aja, bisa dilihat disini yaa :D

Pertama kali naik bis ini, lo ga akan ditagih ongkos lagi. Tapi, ketika udah mengarah ke Pluit lo bakal ditanyain mau kemana. Bilang aja mau ke mangrove. Nanti diminta bayar lagi Rp. 2.500. Turun di Yayasan Budha Tzu Chi (perempatan lampu merah).

Yayasan ini letaknya disebelah kiri jalan. Dari sini kita musti jalan ke arah belakang Yayasan. Kalo dari turun BKTB, berarti kita ambil arah ke kiri terus lurus aja - mentok - belok kanan. Pintu masuk Hutan Mangrove ada di sebelah kiri, di belakang Yayasan Budha Tzu Chi. Hmm.. jalannya ga nyampe 1 kilo, mungkin 500 meter. Tapi, karena matahari disini menyengat banget, perjalanan jadi berasa jauh. Hehehe.

Ohyaa.. Infonya si bus ini adanya dari jam 05.00 - 22.00. Tapi pas kemarin gue nanya ama petugasnya, katanya cuma sampe jam 21.00.

Halte pemberhentian bus BKTB


Untuk pulang, lo tinggal nyebrang ke depan Yayasan Budha Tzu Chi. Tapi, jangan berdiri di pertigaan lampu merah. Lo jalan dikit ke arah jalan. Kalo ga salah disitu ada plang bus BKTB deh. Bus ini ga berhenti sembarangan. Cuma berhenti di halte busway atau halte bus yang ber-plang BKTB dan kalo naeknya dari halte ongkosnya jadi Rp. 6.000. Hmm.. pas pulangnya gue nungguin sampe 45-50 menit loh. Gue nungguin kira-kira dari jam 18.30. Apa mungkin lama karena udah malem ya ?

Hutan Mangrove PIK


Yeaay nyampe yeeaaay..
Tiket masuk ke hutan mangrove ini Rp. 25.000/orang untuk lokal, Rp. 250.000/orang untuk turis asing, dan masih banyak lagi paket-paket lain. Hehehe..

Tiket masuk hutan mangrove


Nah, dari yang gue baca-baca.. katanya kalo kesini ga boleh bawa kamera. Yang diijinin cuma kamera hape doank. Tapi, gue juga pernah baca kalo ada yang kena denda gara-gara bawa Tab. Kalo ga salah, kalo bawa kamera SLR kena denda 1 juta. Kalo bawa kamera poket ? Ga jauh-jauh juga nominal dendanya. Katanya si setelah loket ada pemeriksaan bawa kamera atau ga. Yang dibolehin cuma poto dari kamera hape aja. Gue kemarin ga di periksa. Banyak juga yang poto pra-wedding disini. Emang bayarnya lumayan mahal, tapi bagus si.. :P

Salah satu tipe kamar untuk tamu menginap


 Adem kan ya ? Hihihi..


 
Pondok-pondokan


Salah satu tipe kamar untuk tamu menginap


Gue suka view disini. plus adem :D


View disekitar hutan mangrove


View disekitar hutan mangrove


View disekitar hutan mangrove


Selain banyak yang poto pra-wedding, disini juga banyak orang pacaran. Siap-siap males aja liat orang bedua kemana-mana. Huahaha.. Gue cuma liat sedikit keluarga yang maen kesini. Kenapa ya ? Padahal walaupun panas, tempatnya bagus loh buat refreshing :D


View disekitar hutan mangrove


Lenggo lagi belajar maen petak umpet :P


View disekitar hutan mangrove


 Di dermaga kapal-kapalan


Gue ga tau ya kenapa dilarang poto-poto pake kamera disini. Kalo yang gue liat si, tempatnya emang bagus banget buat poto-poto. Mungkin karena bagus ini jadinya di komersilin abis-abisan. Kita juga bisa nginep disini dan ada area yang cuma boleh dikunjungi oleh tamu yang menginap aja. Hm.. keliatan dari luar si bagus ya tempatnya. Tapi kok ga semua pengunjung boleh ngeliat si ? Dan kalo lo mau nginep atau poto pra-wedding.. lo bisa liat deh daftar harga dari brosur yang gue ambil. Hehehe..


Daftar harga hutan mangrove PIK
Tiket masuk, penginapan, meeting room, dll

Ohyaa.. setau gue disini ada 2 musholah. Satu di depan di deket pintu loket, dan satu lagi di tengah, di deket kantin. Musholahnya bagus, dibangun dari kayu. Dari musholah lo juga bisa cuci-cuci mata menatap pohon-pohon bakau disana dan gue lupa motoin. Hahaha..

Abis sholat laper. Gue nyari kantin dan nemu cuma ada satu kantin disini. Selain harganya mahal, menu disni ga banyak. Ga jual nasi, cuma jual indomie, snack-snack cemilan, ama minuman dingin. Indomie telor Rp. 15.000, Aqua Rp. 5000, lontong Rp. 7.000, dan peyek kacang Rp. 5.000. Kok murah ? Hahaha.. awal temen gue nanya mau beli di bilangnya Rp. 5.000 tapi pas mau bayar malah jadi Rp.10.000. Jadi, biasain nanya harga dulu deh sebelum jajan disini. Dan hm... suasana kantinnya enak buat nongkrong tapi panas. Hehehe..

Gue mau nulis apa lagi ya ?
Pokoknya kalo lo bosen ama suasana Jakarta yang panas, macet, dan huwwaaa.. bikin emosi.. Lo wajib dateng kesini. Adem tapi panas. Seengganya bisa bikin mata seger. Pemandangan yang ga biasalah. Ga perlu lagi ke Jawa Timur buat liat hutan mangrove. Hehehe..

 View disekitar hutan mangrove menuju pantai


View disekitar hutan mangrove menuju Pantai


Gue muter-muter dari jam 12.30an sampe jam 18.00. Itu juga belom puas banget. Hiks. Satu spot yang menurut gue wajib lo kunjungi adalah lokasi yang menuju Pantai. Hmm.. sebenarnya Pantainya ga seperti Pantai pada umumnya. Cuma ujung tempat wisata yang mengarah ke Pantai. Ga bisa buat maen air atau lari-larian di pasir. Tapi, pas lo jalan kesini.. pemandangannya bagus banget.. Kayak lagi dimana gitu walaupun banyak nyamuk. Hihihihi..

Menuju Pantai


Sambil nepuk nyamuk. Hahaha..


Disini juga ada area outbond, ama kapal-kapalan. Lengkap tapi yaa seadanya. Ada tower atau apalah istilahnya, dari sini lo bisa liat keseluruhan hutan mangrove. Di beberapa jalan ada kamar-kamar untuk menginap. Dekorasinya dari kayu semua dan lucu-lucu, kaya lagi berada di suku mana gitu. Kalo gue malah ngerasa kayak lagi di Wae Rebo - Flores :D

Untuk muterin semua lokasi kayanya musti dari pagi disini. Trust Me.. Ga nyesel kesini walaupun hutan semua.. Feel yang lo dapet pasti beda.. Tapi jangan lupa, bawa bekal dari rumah yaa. Hehehe..

Bonus penutup. Hahaha..

Note : Maaf dan makasi untuk 2 gambar yang gue comot dari blog orang karena gue lupa motoin. Huhuhu.. Happy reading !!!

2 comments:

  1. Kalo mau kesitu, pengalaman pribadi nih...
    bawa air mineral sendiri + kalo bisa makanan juga. Soalnya di kantin hanya ada sedikit menu nya dan rasanya pun hmmm (-) menurut saya.
    Pelayanan nya pun -.

    ReplyDelete